Posko Pengungsian Rawan Wabah

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terbentuk oleh proses alam vulkanik. Selain itu, lapisan lempeng tanah Indonesia juga saling bergerak satu dengan yang lainnya. Seiring dengan berkembang pesatnya penduduk yang menghuni beberapa lokasi, maka bencana alam apapun akan sering terjadi menimpa penduduk Indonesia.

Beberapa ahli bencana mengategorikan Indonesia sebagai supermarketnya bencana alam. Hampir semua jenis bencana lama ada. Bila kemarin ada banjir Wasior, gempa Padang, Erupsi Gunung Merapi, maka di masa mendatang masih ada risiko bencana lain yang harus dihadapi.

Meskipun Indonesia mempunyai banyak bencana alam, kita memiliki keterbatasan untuk mengkaji pengalaman dan memecahkan masalah pada masa mendatang dalam melayani saudara kita yang terpaksa jadi pengungsi. Salah satu kekurangannya adalah pelayanan kesehatan holistik pengungsi. Pelayanan preventif hidup sehat. Pelayanan kesehatan lebih tertuju pada kuratif.

Sementara rendahnya perilaku sehat masyarakat pengungsi ditunjang lingkungan yang lembab, serta penurunan daya tahan selama mengungsi, meningkatkan risiko penyebaran infeksi, terutama saluran cerna seperti diare, hepatitis A, desentri, kolera, tipus dan lain-lain.

Seperti yang telah terjadi di daerah saya, yaitu erupsi Gunung Merapi, telah banyak saudara-saudara kita yang berada di sekitar merapi untuk mengungsi di berbagai tempat. Ketika saya mengunjungi salah satu posko pengungsian untuk membantu memberikan bantuan medis, begitu terkejutnya saya karena banyak lalat memenuhi posko pengungsian tersebut. Setelah diusut, ternyata lalat tersebut berasal dari tumpukan sampah di belakang posko pengungsian tersebut. Beberapa pengungsi ada yang mengeluh sakit perut. Dari pemerikasaan fisik dan anamnesis pasien tersebut menderita infeksi saluran cerna akibat ketidakhigienisnya makanan yang dimakan. Kalau dibiarkan begini terus dengan memberikan obat pada pengungsi yang mengeluh sakit, tanpa memberantas sumber penyebaran penyakit, maka penyembuhan tidak akan efektif. Dimanapun tindakan preventif selalu lebih baik daripada tindakan kuratif.

Akhirnya kami mengajukan ke ketua posko memohon untuk dipanggilkan dinas kebersihan supaya sampah yang berada di belakang posko tersebut dibersihkan dan disemprot apabila perlu. 2 hari berikutnya petugas kebersihan datang untuk membersihkan tumpukan sampah di belakang pengungsi. Sungguh leganya hati ini. 

Posko pengungsian masing-masing mempunyai karakteristik sendiri-sendiri untuk kecenderungan terjadi suatu wabah. Kurangnya kebersihan diri pengungsi, sanitasi makanan yang kurang baik, serta infrastruktur air yang kurang memadai merupakan factor-faktor yang penting dalam menentukan nasib pangungsi terhadap wabah.

Menurut WHO ada beberapa langkah untuk mencegah wabah di lokasi pengungsian :
1. Mendata pengungsi ,agar pemerintah local dapat memberikan koordinasi dan supply makanan, minuman, air dengan jumlah yang cukup dan dengan sanitasi yang baik.
2. Mensupply peralatan medis dan proteksi, untuk persiapan pencegahan terjadinya suatu penyakit.
3. Mengontrol wabah dengan memperkuat system surveillance, dengan begini apabila ada satu kasus penyakit menular yang ditemukan dalam suatu pengungsian bisa segera dicegah penyebarannya.
4. Informasi public dan kampanye penayadaran diri terhadap kebersihan dan sanitasi untuk para pengungsi. Bagaimanapun juga, kebersihan lingkungan perlu dukungan kuat dari masin-masing diri sendiri.

1 Comment (+add yours?)

  1. atria abirama
    Nov 18, 2010 @ 23:47:47

    Menurut saya yg paling penting dalam mencegah terjadinya wabah diposko pengungsian adalah kesadaran dan peran aktif para pengungsi dalam menjaga kebersihan. Jika setiap orang sudah paham artinya menjaga kebersihan, maka penyakit2 tersebut dengan sendirinya akan menurun..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: